Senin, 19 September 2011

Debat Cagub Banten Digelar 18 Oktober

Filled under:

SERANG – KPU Provinsi Banten bakal mengundang pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2011 untuk berdebat terbuka di salah satu televisi swasta nasional. Rencananya, debat terbuka digelar 18 Oktober 2011.
Ketua Pokja Kampanye KPU Banten, Didih M Sudi mengatakan, pelaksanaan debat terbuka dimaksudkan sebagai media komunikasi antara pasangan cagub dengan para calon pemilih, terkiat visi, misi dan program masing-masing cagub.
“Debat terbuka agar calon pemilih memperoleh gambaran utuh tentang visi, misi dan program yang ditawarkan masing-masing pasangana Cagub,” katanya siang tadi (15/09/2011).
Didih menyatakan, debat terbuka pasangan Cagub mengacu pada UU nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan perubahannya UU nomor 12/2008 dan Peraturan KPU nomor 14/2010 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU nomor 69/2009 Tentang Pedoman Teknis Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah memberikan amanat kepada Komisi Pemilihan Umum untuk menyelenggarakan debat pasangan calon sebagai salah satu metode Kampanye Pemilukada Gubernur Banten 2011.
“Peraturan tersebut keharusan menyelenggarakan debat pasangan cagub. Para pasangan cagub diberikan kesempatan menyampaikan visi misinya kepada masyarakat,” jelasnya.
Selain memberikan kesempatan kepada para pasangan calon, lanjut Didih, debat cagub juga bertujuan agar masyarakat bisa lebih mengenal para kandidat yang akan berlaga dalam Pemilukada Banten 2011.
Dalam debat terbuka juga akan digelar dialog interaktif antar pasangan cagub dengan panelis untuk penajaman visi dan misi para kandidat. Panelis dari kalangan professional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan cagub.
“Penunjukkan panelis juga harus dengan persetujuan para pasangan calon. Kami belum memutuskan, masih dalam tahap pengujian,” terangnya.
Ditambahkan Didih, tanggal 18 Oktober 2011 sebagai debat pertama dengan harapan akan ada pemikiran baru bagi masyarakat mengenai calon yang akan dipilihnya.
“Sebelum kampanye terbuka, diharapkan masyarakat yang punya hak pilih sudah menentukan calonnya,” kata Didih.
Didih menambahkan, rencananya untuk debat calon selain dilaksanakan di televisi swasta nasional juga akan dilakukan di televisi lokal.
“Tentunya telivisi yang ditunjuk disesuaikan dengan demografi. Kemungkinan televisi lokal di Serang dan Tangerang,” jelasnya.(REO)
 

0 komentar:

Posting Komentar